Standar Kompetensi Kelulusan IPS

LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL

NOMOR 77 TAHUN 2008 TANGGAL 5 DESEMBER 2008

KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2008/2009

 

BAHASA INDONESIA SMA/MA (PROGRAM IPA/IPS/KEAGAMAAN)

NO STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI

1

Membaca: isi dan bagian-bagian paragraf suatu artikel

Memahami secara kritis berbagai jenis wacana tulis teks nonsastra berbentuk grafik, tabel, artikel, tajuk

rencana, laporan, karya ilmiah, teks pidato, berbagai

jenis paragraf (naratif, deskriptif, argumentatif,

persuasif, dan eksposisi), serta teks sastra berbentuk

puisi, hikayat, cerpen, drama, novel, biografi, karya

sastra berbagai angkatan dan sastra Melayu Klasik.

Menentukan isi paragraf, simpulan paragraf, dan arti

istilah/kata dalam paragraf

Menentukan opini dalam tajuk rencana

Menentukan isi grafik, diagram, atau tabel

Menentukan unsur intrinsik dan isi hikayat sastra

Melayu Klasik

Menentukan unsur intrinsik cerpen

Menentukan unsur intrinsik novel

Menentukan masalah yang diungkapkan dan amanat dalam

drama

Menentukan maksud gurindam

Menentukan unsur intrinsik puisi

Menentukan isi kutipan esai

2

Menulis:

Menulis, menyunting, dan menggunakan berbagai

jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran,

gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi dalam

bentuk teks naratif, deskriptif, eksposisi,

argumentatif, teks pidato, artikel/esai, proposal, surat

dinas, surat dagang, rangkuman, ringkasan, notulen,

laporan, resensi, karya ilmiah, dan berbagai karya

sastra berbentuk.

puisi, cerpen, drama, novel, kritik, dan esai dengan

mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks,

kepadanan, ketepatan struktur, ejaan, pilihan kata,

dan penggunaan bahasa.

Menentukan kata penghubung yang tepat untuk melengkapi

paragraf

Menentukan kata serapan untuk melengkapi paragraf

Melengkapi paragraf dengan kata baku

Melengkapi paragraf dengan kata berimbuhan

Melengkapi paragraf deskipsi dengan kalimat yang sesuai

Melengkapi paragraf deskripsi dengan frasa yang sesuai

Melengkapi paragraf analogi

Memperbaiki kalimat simpulan generalisasi

Melengkapi paragraf sebab-akibat

Melengkapi silogisme dengan kalimat yang tepat

Melengkapi paragraf narasi

Menyusun kalimat acak menjadi paragraf

Melengkapi teks pidato dengan kalimat persuasif

Menentukan kalimat latar belakang karya tulis

Memperbaiki kalimat yang mengandung kata kias

dalam karya tulis

Menentukan perbaikan kalimat rancu dalam karya

tulis

Menentukan penulisan judul karya tulis yang tepat

Menentukan kalimat yang sesuai dengan konteks

surat (isi dan bagian/struktur) dan penulisan surat

lamaran pekerjaan

Menentukan kalimat resensi

Melengkapi puisi dengan larik yang bermajas

Melengkapi dialog teks drama dengan peribahasa

Menentukan kalimat kritik sastra

 

 

LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL

NOMOR 77 TAHUN 2008 TANGGAL 5 DESEMBER 2008

KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2008/2009

 

BAHASA INGGRIS SMA/MA (PROGRAM IPA/IPS/BAHASA/KEAGAMAAN)

NO STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI

1

LISTENING (Mendengarkan)

Memahami makna teks lisan berbentuk teks

fungsional pendek, percakapan dan teks monolog

sederhana berbentuk naratif (narrative, recount,

news item) dan deskriptif (report, descriptive,

explanation) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Menentukan gambaran umum, informasi tertentu dan informasi

rinci dari sebuah percakapan

Memberikan respons yang tepat terhadap percakapan yang

berisi ungkapan simpati, rasa suka/tidak suka, undangan,

permintaan/ pemberian dan penolakan izin, serta kepuasan/

ketidakpuasan yang diperdengarkan

Menentukan gambar yang tepat sesuai dengan informasi yang

ada di dalam percakapan

Menentukan gambar yang sesuai dengan teks monolog yang

diperdengarkan

Menentukan gambaran umum, informasi tertentu,dan informasi

rinci dari sebuah teks monolog yang diperdengarkan

2

READING (Membaca)

Memahami nuansa makna di dalam teks tertulis

seperti teks fungsional pendek dan esai berbentuk

naratif (narrative, recount, news item), deskriptif

(report, descriptive, explanation) dan argumentatif

(exposition, discussion) dalam konteks kehidupan

sehari-hari.

Menentukan gambaran umum, informasi tertentu, informasi

rinci tersurat, informasi rinci tersirat, makna kata dari teks

tertulis seperti teks fungsional pendek berbentuk announcement

Menentukan gambaran umum, informasi tertentu, makna kata,

tujuan komunikatif dari teks tertulis fungsional pendek

berbentuk letter

Menentukan informasi tertentu, gambaran umum, makna kata,

tujuan komunikatif dari teks tertulis fungsional pendek

berbentuk advertisement/brochure

Menentukan gambaran umum, informasi tertentu, informasi

rinci tersurat, pikiran utama paragraf tertentu, pesan moral,

tujuan komunikatif, makna kata informasi tersirat, rujukan kata

dari teks tertulis berbentuk essai narrative

Menentukan gambaran umum, informasi tertentu, informasi

rinci tersurat, makna kata dari teks tertulis berbentuk news item

Menentukan gambaran umum, informasi tertentu, informasi

rinci tersurat, pikiran utama, makna kata, informasi tertentu dari

teks tertulis berbentuk recount

Menentukan gambaran umum, informasi tertentu, tujuan

komunikasi, informasi rinci tersurat dari teks esai berbentuk

report

Menentukan gambaran umum, makna kata, informasi tertentu,

informasi rinci tersurat dari teks esai berbentuk descriptive

Menentukan gambaran umum, informasi tertentu, tujuan

komunikasi, informasi rinci, makna kata dari teks esai berbentuk

exposition

Menentukan gambaran umum, informasi rinci tersurat,

informasi tertentu, makna kata, informasi tersirat dari teks esai

berbentuk discussion

Menentukan gambaran umum, rujukan kata dari teks esai

tertulis berbentuk message

 

LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL

NOMOR 77 TAHUN 2008 TANGGAL 5 DESEMBER 2008

KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2008/2009

 

MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPS/KEAGAMAAN)

NO

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI

1

Memahami pernyataan dan ingkarannya,

menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk,

serta mampu menggunakan prinsip logika

matematika dalam pemecahan masalah yang

berkaitan dengan penarikan kesimpulan.

Menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan majemuk

Menentukan ingkaran suatu pernyataan

Menentukan kesimpulan dari beberapa premis

2

Memahami konsep yang berkaitan dengan aturan

pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar

sederhana, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat,

sistem persamaan linier, program linier, matriks,

barisan dan deret, serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah.

Menyederhanakan hasil operasi bentuk pangkat, akar, dan

logaritma

Menentukan unsur-unsur grafik fungsi kuadrat

Menentukan persamaan grafik fungsi kuadrat

Menentukan fungsi komposisi

Menentukan fungsi invers dari fungsi sederhana

Menentukan hasil operasi aljabar akar-akar persamaan kuadrat

Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat

Menentukan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua

variabel

Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan sistem

persamaan linear dua variabel

Menentukan nilai optimum bentuk obyektif dari daerah

himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear

Merancang atau menyelesaikan model matematika dari masalah

program linear

Menyelesaikan masalah matriks yang berkaitan dengan

kesamaan, determinan, atau invers matriks

Menentukan suku ke-n atau jumlah n suku pertama deret

aritmetika atau geometri

3

Memahami limit dan turunan dari fungsi aljabar serta

mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah.

Menghitung n ilai limit fungsi aljabar

Menentukan turunan fungsi aljabar dan aplikasinya

4

Mengolah, menyajikan, dan menafsirkan data dan

memahami kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi

dan peluang kejadian serta mampu menerapkannya

dalam pemecahan masalah.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kaidah

pencacahan, permutasi, atau kombinasi

Menentukan nilai peluang dan frekuensi harapan suatu kejadian

Menentukan unsur-unsur pada diagram lingkaran atau batang

Menghitung nilai ukuran pemusatan dari data dalam bentuk

tabel atau diagram

Menentukan ukuran penyebaran

 

 

LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL

NOMOR 77 TAHUN 2008 TANGGAL 5 DESEMBER 2008

KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2008/2009

 

EKONOMI  SMA/MA (PROGRAM IPA)

NO

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI

1

Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya

dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem

ekonomi, konsep ekonomi dalam kaitannya dengan

kegiatan ekonomi konsumen dan produsen,

permintaan, penawaran, harga keseimbangan dan

pasar.

Mendeskripsikan kelangkaan, masalah pokok

ekonomi, serta bagaimana cara mengatasinya yang

dilakukan oleh konsumen dan produsen mengacu

pada sistem ekonomi

Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta menentukan

harga keseimbangan dengan tabel, grafik, dan perhitungan

matematika

Mendeskripsikan pasar barang dan pasar sumber (input)

2

Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang

ekonomi, Produk Domestik Bruto (PDB), Produk

Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan

Nasional (PN), inflasi, konsumsi, investasi, uang dan

perbankan.

Mendeskripsikan konsep tentang PDB, PDB harga berlaku,

PDB harga konstant, Pendapatan Nasional, inflasi serta fungsi

konsumsi dan tabungan

Mendeskripsikan uang, bank, dan kebijakan pemerintah di

bidang moneter

3

Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya

terhadap pembangunan ekonomi, APBN dan APBD,

perekonomian terbuka, mengenal pasar modal.

Mendeskripsikan ketenagakerjaan, pembangunan, dan

pertumbuhan ekonomi serta indikatornya

Mendeskripsikan APBN dan APBD, dan kebijakan fiskal

pemerintah serta sumber-sumber pembiayaannya

Mendeskripsikan perdagangan internasional, valuta asing, dan

pasar modal

4

Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan

jasa.

Mendeskripsikan persamaan akuntasi

Mencatat transaksi perusahaan jasa dalam jurnal dan buku besar

Membuat laporan keuangan perusahaan jasa

5

Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan

dagang dan penutupan siklus akuntansi perusahaan

dagang.

Membuat jurnal khusus, buku besar utama, dan buku besar

pembantu perusahaan dagang

Membuat jurnal penyesuaian dan membuat kertas kerja

perusahaan dagang

Membuat laporan keuangan perusahaan dagang dan membuat

jurnal penutup

6

Memahami manajemen badan usaha dalam

perekonomian nasional, pengelolaan koperasi dan

kewirausahaan.

Mendeskripsikan manajemen dan badan usaha termasuk

koperasi

Mengidentifikasi ciri-ciri seorang wirausahawan agar berhasil

dalam bisnisnya

 

 

LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL

NOMOR 77 TAHUN 2008 TANGGAL 5 DESEMBER 2008

KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2008/2009

 

SOSIOLOGI SMA/MA (PROGRAM IPA)

NO

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI

1

Mendeskripsikan interaksi sosial sesuai dengan nilai

dan norma yang berlaku dalam masyarakat

Mendeskripsikan interaksi sosial yang teratur berdasarkan nilai

dan norma yang berlaku dalam masyarakat

2

Menjelaskan proses sosialisasi dalam pembentukan

kepribadian

Mengidentifikasi bentuk sosialisasi melalui berbagai media

dalam pembentukan kepribadian

3

Mengidentifikasi berbagai perilaku menyimpang dan

pengendalian sosial dalam masyarakat

Mengidentifikasi sebab terjadinya berbagai jenis perilaku

menyimpang dalam masyarakat

Mengidentifikasi fungsi berbagai jenis pengendalian sosial yang

dilakukan oleh lembaga pengendalian sosial

4

Menjelaskan bentuk struktur sosial dan

konsekuensinya terhadap konflik dan mobilitas sosial

Menginterpretasi gambar struktur sosial vertikal dan horizontal

dalam masyarakat

Menjelaskan proses terjadinya berbagai bentuk konflik dan cara

mengatasinya

Mendeskripsikan struktur sosial masyarakat majemuk dan

pengaruhnya terhadap integrasi sosial

Mendeskripsikan proses mobilitas sosial melalui berbagai

saluran yang ada dalam masyarakat

5

Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat

multikultural

Menjelaskan terbentuknya kelompok sosial dan terjadinya

kemajemukan dalam masyarakat

Menjelaskan perilaku primordialisme yang berkembang dalam

masyarakat multikultural

6

Menjelaskan proses perubahan sosial pada

masyarakat dan dampaknya terhadap kehidupan

masyarakat

Menjelaskan gejala perubahan sosial yang terjadi serta

dampaknya bagi masyarakat

7

Menjelaskan peran dan fungsi lembaga sosial Mendeskripsikan fungsi lembaga sosial utama dalam

masyarakat

8

Menyusun rancangan dan melakukan penelitian

sosial sederhana

Mendeskripsikan kerangka rancangan penelitian sosial

Mendeskripsikan proses pelaksanaan penelitian sosial serta

kegunaan laporan hasilnya

 

 

LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL

NOMOR 77 TAHUN 2008 TANGGAL 5 DESEMBER 2008

KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2008/2009

 

GEOGRAFI SMA/MA (PROGRAM IPA)

NO

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI

1

Menganalisis hakikat, objek, ruang lingkup, prinsip,

konsep, aspek dan pendekatan geografi.

Menjelaskan Menjelaskan penggunaan konsep dasar dan

pendekatan Geografi dalam rangka memahami fenomena

geosfer

2

Menganalisis dinamika unsur-unsur geosfer serta

kaitannya dengan kehidupan manusia.

Mendeskripsikan proses perkembangan pembentukan bumi

Menganalisis fenomena yang terjadi pada lithosfer serta

kaitannya dengan kehidupan manusia

Menganalisis fenomena yang terjadi pada pedosfer serta

kaitannya dengan kehidupan manusia

Menganalisis fenomena yang terjadi pada atmosfer serta

kaitannya dengan kehidupan manusia

Menganalisis fenomena yang terjadi pada hidrosfer serta

kaitannya dengan kehidupan manusia

Mendeskripsikan keaneka-ragaman flora dan fauna di muka

bumi sebagai potensi pendukung kehidupan

3

Menganalisis dinamika unsur-unsur sosial dalam

kehidupan sehari-hari.

Mendeskripsikan fenomena yang terjadi pada antroposfer

Mendeskripsikan potensi industri sebagai pendukung kehidupan

manusia

4

Menerapkan keterampilan dasar peta/pemetaan

dalam memahami fenomena geosfer.

Menerapkan keterampilan dasar pembuatan peta/pemetaan

fenomena geosfer

5

Memahami pemanfaatan citra dan SIG sebagai

media informasi fenomena geosfer.

Menginterpretasi Penginderaan Jauh sebagai sumber informasi

fenomena geosfer

Mendeskripsikan Sistem Informasi Geografi sebagai media

informasi fenomena geosfer

6

Menjelaskan perkembangan wilayah. Membedakan pola keruangan dan interaksi desa-desa, desakota,

dan kota-kota

Mendeskripsikan karakteristik suatu wilayah sebagai pusat

pertumbuhan di negara berkembang dan di negara maju

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: