Yes We Can Do It

Renungan Ayat:

Mereka menjawab: ” Berdoalah kepada Tuhanmu untuk Kami, agar Dia menerangkan kepada kami; sapi betina Apakah itu.” Musa menjawab: “Sesungguhnya Allah berfirman bahwa sapi betina itu adalah sapi betina yang tidak tua dan tidak muda; pertengahan antara itu; Maka kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu”.
Mereka berkata: “Berdoalah kepada Tuhanmu untuk Kami agar Dia menerangkan kepada Kami apa warnanya”. Musa menjawab: “Sesungguhnya Allah berfirman bahwa sapi betina itu adalah sapi betina yang kuning, yang kuning tua warnanya, lagi menyenangkan orang-orang yang memandangnya.”
Mereka berkata: “Berdoalah kepada Tuhanmu untuk Kami agar Dia menerangkan kepada Kami bagaimana hakikat sapi betina itu, karena Sesungguhnya sapi itu (masih) samar bagi Kami dan Sesungguhnya Kami insya Allah akan mendapat petunjuk (untuk memperoleh sapi itu).” (QS. Al-Baqarah: 68-70)

Suka Nyulitin Diri
Coba lihat ayat diatas tampak dialog antara Nabi Musa as dengan bangsa Yahudi, betapa mereka suka mempersulit diri. Padahal ketika Allah Swt menyuruh mereka menyembelih sapi dan langsung menyembelihnya saat itu juga, tentulah Allah tidak akan marah. Mereka malah terus bertanya sapi yang manalah, warna apalah.
Jika ada yang menawarkan kita, ke rumah saya yuk, hari minggu ada pengajian…jawab langsung… Insya Allah saya datang!!!! Meskipun ketika waktunya tiba kita sibuk lah atau berhalangan hadir..nggak apa asal buka disengaja.
Coba kalau kita jawab.. eehh ntar yah…ennghh kalau nggak sibuk…Saya lihat jadwal dulu yah…!!!
Kalau kita mempersulit apa saja meskipun yang sepele sekalipun, tentulah semuanya akan terasa sulit dan berat. Apalagi jika dikaitkan dengan Islam pastilah jika hati atau akal susah diajak kompromi karena dianggap berat, susah apalagi kalau yang datang malas dan lesu.
Lihat Yahudi di ayat atas, mereka terus mengeluh, merintih meskipun banyak nikmat yang mereka rasakan. Pantaslah Allah Swt murka terhadap mereka.

Katakan Aqu Bisa
Ketika kita lihat ada orang yang rajin membaca Qur’an…jangan bilang.. Susah yah kayak gitu!!!… pastilah perbuatan itu akan susah. Tapi bilang… kenapa gue kagak bisa…dia aja bisa kenapa saya tidak!!!. Mudahkan semuanya Insya Allah semuanya mudah. Ketika ada orang bersedekah 1 juta, jangan bilang.. Wah hebat euy…gue sih masih kagak bisa..!!meskipun dananya berlebih. Bilang saja.. …. Saya bisa dan sekarang saya kasih 2 Jutameskipun kita merasa berat mengelurakannya. Pasti ada fase dimana hati dan akal mulai memberi keringanan pada tubuh yang tadinya sulit dikompromikan. Yang paling parah sudah nggagap sulit terus ngomongnya jelek lagi… Ufh Sombong…mentang-mentang punya duit… artinya suka usil lihat orang..semua dikomentari.
Lakukan kebaikan saat ini juga, detik ini juga, menit ini juga, hari ini juga kalau terlintas kebaikan dan taat dalam hati kita. Taat dan kesempatan akan sirna manakala kita menganggap semuanya berat dan sulit.
Bahagia, ketenangan batin, penyelesaian masalah, adem ati pastilah dimiliki oleh orang yang mampu mengambil kesempatan dalam taat seketika itu juga….

Allahumma Sahilna fi Umurina, Allahumma tsabit qolbi ‘ala dinika
Ya Allah mudahkan urusan kami, Ya Allah tetapkan hatiku pada agama MU.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: