Kelulusan Siswa SMU di Jatim Capai 99 Persen

Angka kelulusan ujian nasional tingkat SMA/MA/SMK di Jawa Timur mencapai 99%. Dari 1.536.000 siswa yang mengikuti Ujian Nasional (UN), 709 siswa di antaranya tidak lulus.

“Hasil UN SMA/MA/SMK tahun 2011 ini sangat baik. Dibandingkan tahun sebelumnya, ada peningkatan tingkat kelulusan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Harun di Surabaya, MInggu (15/5).

Rinciannya, untuk SMA/MA angka kelulusannya 99,75 persen atau 203.466 siswa . Yang tidak lulus 0,25 persen atau sebanyak 559 siswa. Sedangkan untuk SMK, kelulusannya 99,9% atau 150.227 siswa dan 150 siswa yang tidak lulus.

Pada 2010 lalu, ketidaklulusan berkisar antara 0,33% untuk SMK dan 0,28% untuk tingkat SMA/MA. Di antara provinsi-provinsi lain di Indonesia, Jawa Timur menempati peringkat kelima nasional.

Meski demikian, kata Karun, mengakui prestasi ini masih belum cukup. Perlu ada perbaikan di tahun-tahun berikutnya.

Terkait dengan ketidaklulusan siswa yang masih terjadi, menurut Harun bukan karena kemampuan akademisnya. Tapi lebih kepada tidak ikutnya siswa yang bersangkutan dalam UN, dikarenakan sakit atau ada keperluan.

“Jadi, mereka yang tidak lulus itu bukan karena tidak pintar. Tapi, karena sakit atau ada keperluan, sehingga tidak ikut ujian. Tapi, kalau mereka itu ikut Paket C, saya yakin mereka bisa lulus 100%,” ujarnya.

Pihak Dinas Pendidikan Jatim akan terus mengevaluasi total pelaksanaan UN dan terus berupaya untuk meningkatkan angka kelulusan. Hasil salinan kelulusan itu sudah diberikan kepada seluruh kepala sekolah tingkat SMA sederajat di Jawa Timur. Senin 16 Mei mendatang, kelulusan itu diumumkan.

One response to this post.

  1. Pengumuman kelulusan 2011

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: